
Menakar Logika-Logika Guru Gembul dalam Perspektif Filsafat Ilmu dan Epistemologi Islam Fenomena konten kreator pendidikan seperti Guru Gembul telah membuka ruang baru bagi diskusi intelektual di ruang publik digital. Ia dikenal karena keberaniannya dalam menyampaikan kritik sosial, pendidikan, dan agama secara terbuka. Namun, dalam beberapa pernyataannya — khususnya yang men...

Konsep Feodal dengan Tradisi Pesantren dalam Sikap Menghormati Guru ??? Dalam konteks sosial budaya Indonesia, hubungan antara konsep feodal dan tradisi pesantren sering menjadi bahan kajian menarik. Keduanya memiliki nilai-nilai kuat dalam membentuk perilaku, etika, dan tatanan sosial masyarakat. Namun, terdapat perbedaan mendasar antara konsep feodalisme sebagai sistem kekuasaan...

ISLAM BUKAN SEKADAR IDENTITAS MELAINKAN SEBUAH KONSEP HIDUP Identitas biasanya merujuk pada label sosial atau kelompok: siapa kamu (Muslim), asal : usul, budaya, atau tanda pengenal yang sering jadi dasar pengelompokan sosial. Identitas bisa statis, dipakai orang lain untuk mengkategorikan, dan sering terhubung ke politik atau stereotip. Kon...

Hubungan Pedagogis dengan Psikologi Perkembangan Anak dalam Penerapan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah Pendidikan memiliki tujuan utama untuk membantu peserta didik mengembangkan potensi diri, baik dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal tidak hanya bertugas mentransfer ilmu pengetahuan, melainkan juga memben...

Bimbingan dan Konseling di Sekolah dengan Pendekatan Pedagogis dalam Menangani Perilaku Asusila Siswa SMP Islam Terpadu Sekolah dalam perspektif pendidikan modern tidak hanya dipahami sebagai lembaga formal untuk mentransfer ilmu pengetahuan (transfer of knowledge), tetapi juga sebagai institusi yang memiliki mandat untuk melakukan internalisasi nilai, pembinaan moral, serta pembentukan...

Refleksi diri: Antara Identitas, Gelar, dan Esensi Di zaman sekarang, semakin banyak orang berlomba-lomba mengejar identitas dan gelar akademik setinggi-tingginya S2, S3, bahkan lebih, seakan-akan itu adalah ukuran mutlak keberhasilan dan kebesaran diri. Gelar tidak lagi dipandang sebagai sarana untuk memperluas wawasan, mengasah nalar, dan memperkaya kemanusiaan, melainkan...

Penghapusan P5 dan digantikan oleh 8 Dimensi Profil Lulusan Mulai tahun ajaran 2025/2026, P5 secara resmi dihapus. Tidak diganti dengan istilah “P7”, seperti sempat beredar secara keliru. Yang benar adalah bahwa P5 diintegrasikan menjadi bagian dari suatu kerangka baru bernama “Profil Lulusan 8 Dimensi” Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah memastikan bahwa pen...

INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM KONSEP PEMBELAJARAN MENDALAM DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR Kualitas pendidikan di Indonesia masih menghadapi tantangan mendasar, khususnya terkait kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa sekolah dasar. Berdasarkan laporan PISA 2022, sebagian besar peserta didik Indonesia hanya mampu menjawab soal pada tin...

Membangun Kelas Impian melalui Keyakinan dan Kesepakatan Kelas di Awal Tahun Ajaran Baru Setiap awal tahun ajaran baru adalah momen penting bagi guru dan peserta didik untuk memulai lembaran baru. Salah satu fondasi yang krusial adalah bagaimana guru membangun manajemen kelas yang efektif agar proses belajar berjalan kondusif, aman, dan menyenangkan. Dalam praktik manajemen kelas modern...

Mutabaah Yaumiyah sebagai Alat Pendidikan Kemandirian dan Tanggung Jawab Sejak Dini Di era digital saat ini, mendidik anak agar memiliki kemandirian dan rasa tanggung jawab menjadi salah satu tantangan terbesar bagi orang tua dan pendidik. Anak-anak semakin akrab dengan gadget, hiburan instan, dan segala hal serba cepat namun membangun karakter justru memerlukan...









